Pesona Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi

Pesona Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi

Pesona Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi

Pesona Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi | Wisata Kawah Ijen merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan baik lokal maupun asing, itu karena gunung kawah ijen yang berlokasi di berlokasi di antara Kabupaten Banyuwangi, Situbondo, dan Bondowoso Propinsi Jawa Timur ini memiliki keindahan yang sangat memanjakan mata para wisatawan, sehingga bisa dijadikan moment untuk mengisi masa liburan para wisatawan. Gunung ijen memiliki ketinggian 2.443 mdpl dan terletak berdampingan dengan Gunung Merapi. Gunung Ijen terakhir meletus pada tahun 1999. Salah satu fenomena alam yang paling terkenal dari Gunung Ijen adalah kawah yang terletak di puncaknya. Untuk mendaki ke gunung ini bisa berangkat dari Banyuwangi ataupun dari Bondowoso.

Kawah Ijen terletak di puncak Gunung Ijen yang merupakan salah satu dari rangkaian gunung berapi di Jawa Timur seperti Bromo, Semeru, dan Merapi. Gunung Ijen terletak di sebelah timur Gunung Merapi (di Jawa Timur juga terdapat gunung yang memiliki nama yang sama dengan gunung di Jawa Tengah yaitu Gunung Merapi). Kawasan Wisata Kawah Ijen atau Cagar Alam Taman Wisata Ijen terletak di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Klobang, Kabupaten Bondowoso.

Selain itu Danau Kawah Ijen adalah salah satu danau asam yang terbesar di dunia, dengan tingkat derajat keasaman (Ph) adalah nol dan berwarna ke hijauan. Karena keasaman yang tinggi sehingga air danau wisata kawah ijen cukup berbahaya karena bisa menghancurkan pakaian dengan cepat serta jari manusia dan pakaian.

Obyek Wisata Kawah Ijen selain menjadi ikon wisata juga menjadi mata pencaharian penduduk sekitar Gunung Ijen terutama untuk penduduk Banyuwangi, Ketika berwisata ke Ijen akan kita temui banyak penambang belerang (Sulfur minner) yang mengambil pecahan-pecahan belerang untuk diangkut dengan keranjang dan dipikul di pundak mereka menusuri jalan yang cukup curam menuju pos penampungan belerang terdekat.

Keindahan Kawah Ijen Yang eksotis

Kawah Ijen dari atas Gunung Ijen terlihat sangat indah. Kawah ini merupakan danau yang besar berwarna hijau kebiruan dengan kabut dan asap belerang yang sangat memesona. Selain itu, udara dingin dengan suhu 10 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu 2 derajat celcius, akan menambah sensasi tersendiri. Berbagai tanaman yang hanya ada di dataran tinggi juga dapat Anda temukan, seperti Bunga Edelweis dan Cemara Gunung.

Saat pagi hari, ketika matahari mulai menyinari kawasan Kawah Ijen, pemandangan yang indah dapat Anda nikmati. Kawah Ijen yang berwarna hijau kebiruan akan ditambah cahaya matahari yang berwarna keemasan memantul di kawah tersebut. Pemandangan menakjubkan juga dapat Anda peroleh dengan menyaksikan pesona keindahan Gunung Merapi yang berdekatan. Gunung Merapi memiliki kemiripan bentuk dengan Gunung Ijen. Saat yang paling tepat untuk menyaksikan keindahan Ijen adalah pada pagi hari.

Untuk menuju Kawah Ijen, Anda harus menyusuri jalan setapak menyusuri tebing kaldera. Jangan lupa membawa penutup hidung karena kadang asap belerang tertiup angin melewati jalur tersebut. Anda juga dapat mengelilingi kaldera di kawasan ini yang memakan waktu mencapai 8 hingga 10 jam berjalan kaki.

Rute Menuju Wisata Kawah Ijen

Untuk menuju wisata Kawah ijen Bisa dlalui dengan 2 alternatif rute, berikut Rute oleh para wisatawan:

Jalur Banyuwangi

Rute ini lebih sulit dilalui karena kondisi jalan yang buruk. Biasanya digunakan oleh para pendaki untuk rute pendakian Gunung Ijen. Rute ini dapat ditempuh dari Banyuwangi, lalu menuju Kecamatan Licin. Dari Licin menuju Jambu lalu ke Patulding. Dari Patulding Anda tinggal berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2 kilometer menuju Kawah Ijen. Total jarak tempuh melewati rute ini adalah 38 kilometer.

Jalur Bondowoso

Rute ini lebih mudah dilalui karena kondisi jalan yang bagus dan relatif mulus. Rute ini dapat ditempuh dari Bondowoso, lalu menuju Wonosari, lalu ke Sempol dan akhirnya ke Patulding. Dari Patulding Anda tinggal berjalan kaki melewati jalan setapak dan tebing kaldera sejauh 2 kilometer menuju Kawah Ijen. Jarak tempuh melewati rute ini adalah 70 kilometer dengan pemandangan pohon kopi dan hutan pinus yang memesona..

Demikian informasi Tentang Pesona Keindahan Kawah Ijen Banyuwangi, semoga menjadi referensi liburan bagi anda. Dan Team Bromo malang ijen tour akan menjadi parter bagi anda.