Wisata Air Terjun Madakaripura, Wisata Tersembunyi Di Probolinggo

Wisata Air Terjun Madakaripura, Wisata Tersembunyi Di Probolinggo

Wisata Air Terjun Madakaripura

Wisata Air Terjun Madakaripura merupakan wisata air terjun yang terletak di desa sapih kecamatan lumbang kabupaten probolinggo jawa timur, dan masih dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata bagi anda yang ingin mengunjungi kawasan Wisata Gunung Bromo.

Air Terjun Madakaripura ini memiliki ketinggian mencapai sekitar 200 meter. Dengan kolam seluas kurang lebih  25 m² dibawahnya yang berfungsi sebagai penampung aliran air yang terjun dari kelima tirai air yang menghiasi air terjun yang sangat eksotis ini, sehinnga menjadikan air tejun satu ini menjadi Wisata air terjun tertinngi di pulau jawa dan menjadi air terjun tertinngi kedua di indonesia di bawah wisata air terjun sigura-gura di pulau sumatra.

Sejarah Air Terjun Madakaripura

Menurut legenda air terjun ini merupakan tempat terakhir sang patih legendaris dari kerajaan Majapahit untuk melakukan meditasi. Bahkan hal ini tertulis di kitab Negarakertagama kawasan ini diceritakan bahwa pemberian Raja Hayam Wuruk untuk sang patih Gadjah Mada. Maka tak heran jika pertama kali Anda memasuki kawasan ini akan disambut dengan patung Gadjah Mada yang cukup besar dan berdiri dengan kokoh.

Di sekitar air terjun terdapat gua yang diyakini sebagai tempat meditasi dari Patih Gajah Mada. Di tempat ini, menurut kisah turun temurun, patih Gajah Mada mendapat kesaktiannya dan di tempat ini pula diyakini patih tersebut menghilang secara mistis. Itu sebabnya lokasi ini disebut Madakaripura, yang berarti "tempat terakhir". Hal ini juga yang menyebabkan kawasan ini sering dikunjungi oleh penduduk Tengger untuk melakukan ritual tertentu, khususnya pada hari-hari tertentu.

Air terjun ini juga dibilang sebagai air terjun abadi sehingga debit airnya tak akan habis dan akan mengalir sepanjang waktu. Untuk sampai di kawasan air terjun ini Anda harus berjalan kaki terlebih dahulu yang memakan waktu sekitar 20 menit. Sepanjang perjalanan Anda akan menikmati keindahan dinding tebing yang sejuk dengan sensasi curahan air yang jatuh dari atas. Sehingga Anda disarankan untuk membawa payung jika tak mau kebasahan.

Fasilitas Air Terjun Madakaripura

Di sekitar lokasi Air Terjun sudah terdapat beberapa warung yang menjual makanan dan minuman. Sehingga Anda tidak perlu takut kelaparan karena udara dingin di lokasi ini. Anda bisa menikmati makanan dan minuman yang tersedia di warung-warung di sekitar Air Terjun Madakaripura.

Selain itu, terdapat juga penyewaan payung dan plastik untuk menyimpan berbagai barang bawaan Anda. Hal ini karena air terjun yang begitu deras di sepanjang tebing menuju Air Terjun Madakaripura sehingga bisa membuat Anda basah. Juga tersedia kamar mandi di lokasi ini.

Ikuti juga petunjuk dari pemandu wisata setempat. Khususnya danau di bawah Air Terjun memiliki arus yang cukup deras. Sungai-sungai di sekitarnya juga bisa meluap dan terjadi banjir bandang khususnya di musim hujan, sehingga Anda perlu lebih berhati-hati jika mengunjungi air terjun ini di musim hujan.

Demikian informasi tentang Wisata Air Terjun Madakaripura, Wisata Tersembunyi Di Probolinggo, semoga menambah referensi bagi anda yang ingin berwisata ke jawa timur, Dan Bromo Malang Ijen Tour akan berusaha menjadi partner bagi anda.

Wisata Air Terjun Madakaripura, Wisata Tersembunyi Di Probolinggo