Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang

Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang

Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang

Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang, merupakan destinasi wisata yang sangat populer di kalangan para wisatawan baik lokal maupun asing, Wisata Alam yang banyak terdapat di Malang dan sekitarnya adalah air terjun. Ini tidaklah mengherankan, mengingat Wisata Malang berada di daerah pegunungan yan mengelilingi seputaran daerah di kawasan ini. Salah satu yang terkenal adalah Air Terjun Coban Rondo Batu Malang yang berada di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bila dari kota Malang adalah selepas keluar dari gerbang Kota Wisata Batu, menuju arah Barat, ke Kota Kediri. Bila ditempuh dari kota Malang jaraknya adalah kurang lebih 2 jam, apalagi dengan banyaknya kendaraan umum menuju kesana, maka tempat ini tidaklah sulit untuk dijangkau.

Air Terjun Coban Rondo Merupakan bagian dari air terjun bertingkat, Dimulai dari yang paling atas yaitu Air Terjun Coban Manten air terjun kembar yang air terjunnya berdampingan, turun kebawah menjadi satu dan menjadi air terjun Coban Dudo, lalu k bawah lagi menjadi Coban Rondo.

Legenda Air Terjun Coban Rondo

Dibalik keeksotisan air terjun Coban Rondo ada kisah menarik yang masih di percaya oleh masyarakat sekitar yaitu Legenda Tentang Coban Rondo, Alkisah pada dahulu kala ada sepasang pengantin yang baru melangsungkan tali pernukahan sang mempelai wanita bernama Dewi Anjarwati dari gunung Kawi sedangkan mempelai pria bernama Raden Baron Kusumo dari Gunung Anjasmoro.

Baru beberapa hari menjadi suami-istri, Dewi Anjarwati mengajak suaminya untuk bertandang ke rumah orang tua mereka yang ada di Gunung Anjasmoro. Niat ini ditentang oleh orangtua Dewi Anjarwati. Menurut tradisi Jawa kuno, pasangan pengantin baru dilarang bepergian sebelum usia pernikahan mencapai selapan (35 hari). Hal ini diyakini bisa mendatangkan kesialan bagi pasangan tersebut. Tetapi keduanya tetap bersikeras pergi.

Di tengah perjalanan, Dewi Anjarwati dan Raden Baron Kusumo bertemu dengan Joko Lelono. Rupanya orang asing itu terpikat kecantikan Dewi Anjarwati pada pandangan pertama. Joko Lelono pun menantang Raden Baron Kusumo berduel untuk memperebutkan Dewi Anjarwati. Sang istri diminta untuk menyembunyikan diri di balik air terjun sembari menunggu suaminya datang menjemput.

Tak disangka, Raden Baron Kusumo dan dan Joko Lelono sama-sama tewas dalam pertarungan. Janji Raden Baron Kusumo untuk menjemput istrinya tak bisa dipenuhi. Tinggallah Dewi Anjarwati yang menjanda meratapi nasibnya di balik air terjun.

Akses Menuju Air terjun Coban Rondo

Air Terjun Coban Rondo Malang Berada di Sebelah barat kota malang tepatnya 24 km, ata 12 km dari kota batu dengan waktu tempuh sekitar 1 jam, untuk menuju ke lokasi wisata ar terjun coban rondo ini tidaklah sulit karena jalan yang akan di lewati sudah sangat bagus, akses menuju wisata air terjun coban rondo.

Jika Anda dari kota malang jalan menuju arah Batu - Pujon, Malang, setelah melewati tanjakan yang landai dan jalanan yangberkelok-kelok yang terkadang tajam, maka Anda akan sampai di puncak sebuah perbukitan. Terdapat sebuah papan nama yang berukuran besar akan memberikan Anda petunjuk untuk belok menuju ke arah kiri keluar dari jalan raya untuk menemukan obyek wisata Coban Rondo.

Dari patung sapi, perjalanan dapat Anda lanjutkan kembali kurang lebih sekitar empat kilometer lagi untuk sampai ke wisata air terjun Coban Rondo. Dua kilometer sebelum Anda memasuki kawasan wisata, akan menjumpai sebuah papan yang bertuliskan "Welcome to Wana Wisata Coban Rondo" Kemudian jalanan akan terus menurun dan rindangnya suasana hutan juga akan semakin terasa. Di tempat-tempat yang melandai, gubuk-gubuk para pedagang serta berbagai macam jenis kendaraan akan berjajar. Di situlah terminal akhir para pengunjung yang menggunakan kendaraan. Selanjutnya Anda akan melintasi sedikit tanjakan yang tidak kurang dari dua menit akan sampai ke lokasi air terjun.

Bagi anda yang menggunakan kendaraan umum dapat mengambil bus jurusan Malang jika dari Surabaya.Kemudian Anda dapat naik angkot (jurusan ADL atau AL) dari Terminal Arjosari, Malang, menuju Landungsari, Lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus tujuan Kediri lewat Pujon, kemudian turun di Patung Sapi yang merupakan sebuah pintu gerbang untuk ke Coban Rondo, Dari sana, akan tersedia ojek yang siap untuk mengantarkan Anda sampai ke lokasi. Setelah Anda sampai di lokasi tempat parkir perjalanan bisa dilanjutklan dengan berjalan kaki dengan jarak sekitar 200 m untuk menuju lokasi Air Terjun Coban Rondo Malang berada.

Demikian informasi tentang Wisata Air Terjun Coban Rondo semoga menjadi referensi destinasi liburan akhir pekan maupun liburan akhir tahun anda. dan Bromo Malang Ijen Tour akan menjadi partner untuk liburan anda untuk informasi lengkapnya silahkan hubungi kontak kami.

Wisata Air Terjun Coban Rondo Malang